Cari di Google

Selasa, 15 Juni 2010

Sesuatu Yang Berharga Adalah Pengalaman


Dunia kerja merupakan sesuatu yang sulit ditebak dan kompleks. Bekerja hingga memperoleh uang dan penghasilan merupakan bagian hidup untuk bisa menyambung kehidupan yang juga bagian dari perjuangan. Tidak mudah memang, untuk memperoleh posisi yang baik harus usaha, kuliah bisa disebut salah satu usaha itu.

Periode juli-september 2008 saya gunakan untuk praktik industri, kebetulan ada di industri tekstil proses pembuatan benang dikenal dengan istilah spinning bagian maintenance. Yang membuat terinspirasi menulis judul opini di atas dan juga membuat was-was ketika merenungi perkataan karyawan di sini ketika sedang cerita santai. “Kemarin ada mahasiswa dari sekolah tekstil teorinya bagus bisa, hebat hampir semua pemrograman mesin ini (Carding) bisa tapi saya tanya seting permesinan bagian dalam, teknisnya dia tidak paham”. Ada lagi sekarang, kepala teknisi unilap-roving “Dulu ada baru lulus kuliah sekolah tinggi kalah sama orang lulusan SMP yang memang pengalaman, jadi heran”.

Saya pernah lihat acara acara TV disitu orang dari dunia usaha menyebutkan bahwa mereka kesulitan mencari tenaga kerja. Padahal di negeri ini banyak pengangguran. Dunia usaha sulit mencari orang yang mempunyai klasifikasi standart mereka. Jadi orang yang mempunyai kalsifikasi yang disyaratkan pasti bisa kerja itu terlepas dari isu KKN atau orang dalam.
Industri/ Dunia kerja sekarang rata-rata meminta spesifikasi minimum punya hardskill, kemampuan computer, berbahasa inggris, terakhir softskill dan berwawasan luas. Harus gaul memang, tetapi gaul seperti apa dulu. Jarang ada mata kuliah yang mempelajari tentang karakter orang, tanggung jawab, manajemen waktu, manajemen diri dan berprilaku jujur, paling adanya kalau saya manajemen industri. Beberapa uraian diatas adalah kemampan softskill seseorang.

Sepertinya harus ada rasa tidak terima cuma dapat sesuatu hanya dari kuliah dan lagi-lagi iklan tentang organisasi/UKM di kampus, mau gimana lagi disana dapat dengan mudah kita berlatih manajemen waktu, mengetahui banyak karakter orang, melatih etos kerja. Di UKM baik Fakultas atau Univ. bisa kenal mahasiswa dari berbagai jurusan, bisa tanya-tanya, belajar. Membuka diri untuk mau belajar diluar bidang yang ditekuni perlu saja tidak ada salahnya dan ruginya biar gaul. Kemampuan softskill biasanya akan membantu untuk bisa bertahan dan dengan cepat beradaptasi di lingkungan baru.

Pegang prinsip hidup ini semua orang adalah guru, semua tempat adalah sekolah dan semua kejadian, pengalaman yang dialami adalah materi pembelajarannya. Ambil positifnya jangan tiru negatifnya. Semisal contoh dari seorang anak jalanan yang mungkin diambil sisi positifnya, semangat mereka untuk hidup terus berjuang dan tersenyum meski kondisi sulit, kekurangan mereka banyak bisa cari sendiri kekurangannya. Mencari kekurangan seseorang mungkin hal mudah bagi sebagian besar orang.

Jadi mumpung masih muda masa depan cerah dan panjang cari pengalaman sebanyak mungkin. Belajar apa pun, meski sekarang belum berguna siapa tahu besok akan ada gunanya. Jangan mencari alasan kenapa tidak bisa tapi carilah alasan bahwa kita sebenarnya bisa bahkan mungkin lebih baik. Alasan kenapa harusnya bisa adalah keinginan kuat dan semangat untuk mau berubah kearah lebih baik dan memandang hidup adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dan terakhir jangan berhenti berdoa dan berharap meski tidak tahu apa yang akan terjadi. Kehidupan jadi indah karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar