Cari di Google

Senin, 14 Juni 2010

Mainboard Telah Mati

Masalah: Komputer berbasiskan prosesor intel dengan mainboard Gigabyte GA-8i945GMH dengan VGA onboard aktif menjadi tidak merespon dengan layar gelap setelah tombol power dinyalakan. Tanda-tanda kehidupan hanya ada pada kipas CPU yang masih berputar kencang. Bunyi beep yang biasa terdengar saat booting pun tidak lagi terdengar. Masalah ini harusnya jarang terjadi pada komputer bersepesifikasi produk dari gigabyte yang terkenal cukup bandel. Saat dilihat, casing komputer penuh debu tanda sangat jarang dilakukan kegiatan maintenance.
Diagnosis: Pemeriksaan awal melakukan cek pada koneksi dari power supply, matinya layar bisa terjadi karena kabel utama yang berjumlah 24 pin tertancap kurang sempurna. Mencabut memori yang terpasang kemudian menyalakan kembali komputer. Tanda beep berulang tanpa henti tanda untuk masalah memori pada award bios tidak terjadi. Komputer tetap diam dengan layar yang gelap, tanda kerusakan bukan pada memori dan power supply.
Bila kerusakan ada pada procesor, komputer tidak akan hidup sama sekali karena switch power pada beberapa mainboard terhubung dengan procesor. Jadi trouble pada procesor tidak terjadi pada sistem komputer ini.
Solusi: Bila diketahui procesor, memori dan power supply tidak terjadi masalah dapat disimpulkan terjadi kerusakan pada mainboard. Mengganti mainboard dengan yang baru membuat komputer dapat hidup normal kembali kembali. Melakukan bersih-bersih casing beserta komponennya diharapkan dapat memperlama usia hardwere, karena debu-debu dihawatirkan dapat mengakibatkan hubungan singkat yang membuat kerusakan pada hardwere dan pelepasan panas yang tidak optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar